PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF
MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA
Buku ini merupakan intisari hasil penelitian
tindakan bimbingan dan konseling yang penulis laksanakan dengan tujuan
meningkatkan perilaku asertif melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama. Penulis menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama untuk meningkatkan
perilaku asertif siswa. Alasan penggunaan layanan bimbingan kelompok yaitu,
layanan bimbingan kelompok mengedepankan asas-asas dan dinamika kelompok yang
menunjang perkembangan perilaku asertif dengan tujuan mengembangkan kemampuan
sosialisasi siswa. Dengan bimbingan kelompok, siswa akan belajar bagaimana
terlibat aktif dalam kelompok, berpendapat dengan jujur dan terbuka, menghargai
pendapat orang lain, tidak memaksakan kehendak dan menyampaikan maksud dan
tujuan dengan cara yang baik. Sedangkan alasan pemilihan teknik sosiodrama
karena tujuan sosiodrama sesuai dengan arah penelitian yaitu untuk membantu
individu dalam meningkatkan perkembangan sosialnya, menyadari seluk-beluk
pergaulan sosial dan membantu mereka meningkatkan kemampuan bergaul dengan
orang lain secara sehat dan wajar.
Buku ini dapat dipesan melalui:
Email: hartamedia@gmail.com
0 komentar:
Posting Komentar