Minggu, 13 Januari 2019

BUKU PUISI (Joko Riyanto, M.Pd.)


PESONA
PUISI REMAJA



Masa-masa remaja khususnya masa sekolah merupakan masa sangat berkesan. Segala kesan kenangan sering tercurah pada sebuah puisi. Puisi adalah sebuah seni tertulis. Dalam bentuk seni ini, seorang penyair menggunakan bahasa untuk menambah kualitas estetis pada makna semantis.
Perbedaan puisi dan prosa terletak pada penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, dan rima. Puisi lebih singkat dan padat bila dibandingkan dengan  prosa. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tetapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.
Buku ini disamping mengupas tentang teori puisi terutama puisi baru, sekaligus mengetengahkan contoh-contoh puisi baru yang biasanya dibuat oleh siswa SMP. Dalam puisi-puisi tersebut siswa SMP mengungkapkan perasaan mereka mulai kekaguman mereka pada sekolah mereka, kenangan ketika bersekolah, pengungkapan akan kekaguman mereka kepada gurunya, puisi keagamaan, sampai pengungkapan perasaan mereka pada perasaan cinta.

Buku ini dapat dipesan melalui :
Email : hartamedia@gmail.com




0 komentar:

Posting Komentar