Minggu, 13 Januari 2019

BUKU HASIL PTK BAHASA INDONESIA (Joko Riyanto, M.Pd.)


PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW



Cerpen merupakan salah satu bagian dari sastra yang memberikan gambaran tentang visi kehidupan manusia sekaligus merupakan bahan untuk mengetahui keadaan suatu masyarakat. Di samping itu cerpen menjadi pusat perhatian pada bagian tertentu dari kehidupan manusia yang dianggap penting oleh pengarangnya, atau dengan kata lain bahwa cerpen mengungkapkan tabir kehidupan.
Pada kenyataannya ada asumsi bahwa pengajaran sastra khususnya memahami unsur intrinsik cerpen tidak atau belum pernah mengantarkan siswa kepada penghayatan yang sewajarnya terhadap sastra itu sendiri. Tidak dapat disangkal bahwa pemahaman tentang sastra khususnya unsur intrinsik cerpen di kalangan para siswa, masih merupakan masalah yang cukup rumit. Dikatakan demikian, karena dalam kenyataannya pembelajaran sastra khususnya memahami unsur intrinsik cerpen belum dapat sepenuhnya dilakukan di sekolah-sekolah. Dengan demikian, betapa pentingnya suatu strategi pembelajaran yang perlu diterapkan oleh seorang guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Buku ini merupakan intisari hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Buku ini dapat dipesan melalui :
Email : hartamedia@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar