Selasa, 06 Februari 2018

BUKU PTK (EKANDARI HARJANTI, S.Si)

PENINGKATAN SIKAP, AKTIVITAS PEMBELAJARAN, DAN PEMAHAMAN KONSEP PEWARISAN SIFAT (HEREDITAS)
MELALUI METODE “SIGEMENDEL”

Genetika adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari pewarisan sifat pada makhluk hidup. Ilmu ini mulai diperkenalkan pada jenjang SMP untuk siswa kelas IX pada semester ke  dua. Pada jenjang ini, ruang lingkup sub materi genetika yang diperkenalkan kepada siswa meliputi: materi genetik, mekanisme pewarisan sifat, dan implikasi pewarisan sifat pada kehidupan. Keberhasilan penanaman konsep genetika pada siswa SMP menjadi agenda penting yang harus dicapai oleh seorang guru, karena pemahaman konsep akan menjadi bekal mendasar bagi siswa untuk mempelajari hal yang bersesuaian di jenjang pendidikan lanjutan, sekaligus menjadi dasar pengetahuan mereka untuk penerapan dalam kehidupan
Penerapan pembelajaran menggunakan model simulasi, di mana di dalamnya melibatkan penggunaan alat bantu pembelajaran, yaitu alat pembelajaran sederhana yang dapat dibuat sendiri oleh siswa atas ide, arahan dan bimbingan guru. Simulasi menggunakan alat pembelajaran ini mengilustrasikan substansi materi genetik berupa kromosom, dan gen. Selain itu, siswa diajak mengoperasikan mekanisme pewarisan materi genetik tersebut dari induk kepada keturunannya. Melalui model simulasi menggunakan alat bantu pembelajaran, aktivitas belajar siswa diharapkan dapat dimunculkan secara maksimal, sehingga sikap belajar menjadi lebih baik dan bermuara pada penguasaan konsep materi yang lebih matang dibandingkan sebelumnya.
Buku ini merupakan intisari hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan dengan tujuan meningkatkan sikap, aktivitas  pembelajaran dan pemahaman konsep pewarisan sifat (Hereditas) melalui metode “Sigmendel”.


Buku ini dapat dipesan melalui :
Email : hartamedia@gmail.com
No. WA : 081328004366

0 komentar:

Posting Komentar