PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI
MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)
Buku
ini merupakan intisari hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan
dengan tujuan meningkatkan Kemampuan
Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual. Menulis puisi merupakan
bagian dari kompetensi yang harus dimiliki siswa. Standar kompetensi tersebut
yaitu siswa diharapkan mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan fakta secara
tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi. Dalam materi menulis puisi
siswa dituntut untuk mampu menciptakan puisi. Siswa dalam menulis puisi masih
mengalami kesulitan. Siswa harus mencari kata-kata dengan idenya sendiri yang
menyebabkan siswa menjadi kurang tertarik ketika pelajaran Bahasa Indonesia
khususnya materi menulis puisi.
Untuk itu penulis memilih memberi pembelajaran yang
berusaha menghubungkan mata pelajaran dengan situsai nyata dan dapat memotivasi
siswa dalam menghubungkan pengetahuan serta menerapkan pengetahuan itu dalam
kehidupan sehari-hari atau yang lebih dikenal dengan nama pembelajaran
kontekstual. Pembelajaran yang bersifat kontekstual ini diterapkan agar siswa
memiliki peluang untuk bisa memecahkan masalah secara nyata, dan siswa dapat
berlatih menyelesaikan tugas dengan senang hati serta tidak membebaninya
sebagai tugas yang sulit dan berat, sehingga pembelajaran bahasa Indonesia
dapat berlangsung aktif, kreatif, dan menyenangkan.
Buku ini dapat dipesan melalui :
Email : hartamedia@gmail.com
0 komentar:
Posting Komentar