Senin, 25 Februari 2019

BUKU HASIL PTK BAHASA INDONESIA (Istianah, S.Pd.)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI 
MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL 
(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)


Buku ini merupakan intisari hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan dengan tujuan meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual. Menulis puisi merupakan bagian dari kompetensi yang harus dimiliki siswa. Standar kompetensi tersebut yaitu siswa diharapkan mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi. Dalam materi menulis puisi siswa dituntut untuk mampu menciptakan puisi. Siswa dalam menulis puisi masih mengalami kesulitan. Siswa harus mencari kata-kata dengan idenya sendiri yang menyebabkan siswa menjadi kurang tertarik ketika pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi.
Untuk itu penulis memilih memberi pembelajaran yang berusaha menghubungkan mata pelajaran dengan situsai nyata dan dapat memotivasi siswa dalam menghubungkan pengetahuan serta menerapkan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari atau yang lebih dikenal dengan nama pembelajaran kontekstual. Pembelajaran yang bersifat kontekstual ini diterapkan agar siswa memiliki peluang untuk bisa memecahkan masalah secara nyata, dan siswa dapat berlatih menyelesaikan tugas dengan senang hati serta tidak membebaninya sebagai tugas yang sulit dan berat, sehingga pembelajaran bahasa Indonesia dapat berlangsung aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Buku ini dapat dipesan melalui :
Email : hartamedia@gmail.com


0 komentar:

Posting Komentar