Selasa, 06 Februari 2018

BUKU PTK BAHASA JAWA (IHWAN, S.Pd.)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI
MENGGUNAKAN MODEL CIRC
PADA PESERTA DIDIK



Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, pembelajaran Bahasa Jawa lebih ditekankan pada penguasaan empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Kurikulum KTSP mengajarkan siswa tidak hanya  menghafalkan  teori-teori  yang  diberikan  oleh  guru  melalui  ceramah, tetapi siswa dituntut untuk bisa menerapkan dan  mengaitkannya dengan kehidupan  nyata.  Pembelajaran bahasa Jawa di kelas diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta didik untuk menggunakan bahasa Jawa sebagai alat komunikasi dengan menggunakan unggah-ungguh yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis.
Berdasarkan permasalahan pembelajaran tersebut maka perlu merencanakan tindakan perbaikan pembelajaran yang dimungkinkan mampu meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik, yaitu dengan menerapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Model ini memungkinkan peserta didik dapat bekerja sama di dalam kelas dan mengembangkan kreativitas individu secara lebih aktif, menyenangkan, dan bermakna sehingga kompetensi menulis narasinya pun akan meningkat.
Buku ini merupakan intisari hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan Menulis Narasi Menggunakan Model CIRC Pada Peserta Didik.


Buku ini dapat Dipesan Melalui :
Email : hartamedia@gmail.com
No. Wa ; 081328004266

0 komentar:

Posting Komentar