PENINGKATAN
KEMAMPUAN MENULIS NARASI
MENGGUNAKAN
MODEL CIRC
PADA PESERTA DIDIK
Dalam Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan, pembelajaran Bahasa Jawa lebih ditekankan pada
penguasaan empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak,
berbicara, membaca dan menulis. Kurikulum KTSP mengajarkan siswa tidak hanya menghafalkan teori-teori
yang diberikan oleh
guru melalui ceramah, tetapi siswa dituntut untuk bisa
menerapkan dan mengaitkannya dengan
kehidupan nyata. Pembelajaran bahasa Jawa di kelas diharapkan
dapat meningkatkan keterampilan peserta didik untuk menggunakan bahasa Jawa
sebagai alat komunikasi dengan menggunakan unggah-ungguh yang baik dan benar,
baik secara lisan maupun tertulis.
Berdasarkan
permasalahan pembelajaran tersebut maka perlu merencanakan tindakan perbaikan pembelajaran yang dimungkinkan mampu meningkatkan
keterampilan menulis narasi peserta didik, yaitu dengan menerapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition). Model ini memungkinkan peserta didik dapat bekerja sama di
dalam kelas dan mengembangkan kreativitas individu secara lebih aktif,
menyenangkan, dan bermakna sehingga kompetensi menulis narasinya pun akan
meningkat.
Buku ini
merupakan intisari hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan
dengan tujuan meningkatkan kemampuan Menulis Narasi Menggunakan Model
CIRC Pada Peserta Didik.
Buku ini dapat Dipesan Melalui :
Email : hartamedia@gmail.com
No. Wa ; 081328004266
0 komentar:
Posting Komentar