Kamis, 29 November 2018

BUKU HASIL PTK PKn (Mahargono, S.Pd. PKn.)



PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)





Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada umumnya adalah metode konvensional. Guru dianggap sebagai gudang ilmu, mendominasi kelas, dan mengajarkan ilmu dengan langsung membuktikan dalil-dalil dan memberikan contoh. Sedangkan siswa harus duduk rapi mendengarkan, meniru dan mencontoh cara-cara yang diterapkan guru serta menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas yang diberikan guru tanpa ada tindakan lebih lanjut mengenai tugas tersebut. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keaktifan dan kekreatifan siswa dalam proses pembelajaran serta prestasi belajar siswa, dapat menggunakan salah satu model dari pembelajaran Cooperative Learning.
Model pembelajaran Cooperative Learning yang diterapkan adalah tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), yaitu suatu model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, dan yang terpenting akan melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Dengan adanya interaksi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan dan siswa lebih aktif serta partisipatif dalam proses pembelajaran yang nantinya akan berpengaruh juga dalam hasil belajarnya.
Buku ini merupakan intisari hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan dengan tujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan melalui Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Buku ini dapat dipesan melalui :
Email : hartamedia@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar