PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI
BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI COOPERATIVE
LEARNING TIPE STUDENT TEAMS
ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) pada umumnya adalah metode konvensional. Guru dianggap
sebagai gudang ilmu, mendominasi kelas, dan
mengajarkan ilmu dengan langsung membuktikan
dalil-dalil dan memberikan contoh. Sedangkan siswa harus duduk rapi
mendengarkan, meniru dan mencontoh cara-cara yang diterapkan guru serta
menyelesaikan soal-soal atau tugas-tugas yang diberikan guru tanpa ada tindakan
lebih lanjut mengenai tugas tersebut.
Oleh karena itu, untuk meningkatkan
keaktifan dan kekreatifan siswa dalam proses pembelajaran serta prestasi
belajar siswa, dapat menggunakan salah satu model dari pembelajaran Cooperative
Learning.
Model pembelajaran Cooperative Learning yang diterapkan
adalah tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD),
yaitu suatu model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, dan yang
terpenting akan melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan
status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur
permainan dan reinforcement. Dengan adanya interaksi ini dapat membantu siswa dalam memahami
materi yang diberikan dan siswa lebih aktif serta partisipatif dalam proses
pembelajaran yang nantinya akan berpengaruh juga dalam hasil belajarnya.
Buku ini merupakan intisari
hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan dengan tujuan
meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan melalui Cooperative
Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions
(STAD).
Buku ini dapat dipesan melalui :
Email : hartamedia@gmail.com
0 komentar:
Posting Komentar