PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF JIGSAW DIPADU OBSERVASI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN IPA KONSEP GERAK PADA TUMBUHAN
Penulis : Dwi Astuti, S.Pd
Tebal Buku : viii + 124 hal
Penerbit : HARTAMEDIA
No. ISBN : 978-602-6251-20-6
Proses
belajar yang diharapkan bukan sekedar membahas materi dalam buku-buku panduan
pelajaran atau menginformasikan pengetahuan kepada siswa, melainkan menekankan
pada pemberian pengalaman secara langsung kepada siswa untuk memahami gejala
yang terjadi sehingga dalam pelaksanaannya dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Pembelajaran yang lebih banyak dilakukan di dalam kelas,
kurang bervariasi, dan disampaikan secara teoritik. Akibatnya, di dalam proses
pembelajaran siswa menjadi pasif dan penguasaan kompetensi menjadi rendah. Buku
ini membahas secara detail mengenai strategi pembelajaran dengan menggunakan
metode Jigsaw dipadu observasi
lingkungan karena akan lebih faktual dan nyata. Proses pembelajaran tersebut
sejalan dengan pembelajaran berpendekatan kontekstual, yaitu siswa belajar
melalui mengalami bukan menghafal, akan tetapi sesuatu yang harus dikonstruksi
melalui kegiatan pembelajaran yang dirancang dengan tepat. Penerapan pendekatan
kontekstual tersebut
diharapkan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas yaitu adanya aktivitas
siswa yang optimal dan penguasaan kompetensi yang meningkat.
0 komentar:
Posting Komentar