Senin, 24 Oktober 2016

BUKU HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF JIGSAW DIPADU OBSERVASI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN IPA KONSEP GERAK PADA TUMBUHAN

Penulis                    : Dwi Astuti, S.Pd
Tebal Buku            : viii + 124 hal
Penerbit                  : HARTAMEDIA
No. ISBN                 : 978-602-6251-20-6


Proses belajar yang diharapkan bukan sekedar membahas materi dalam buku-buku panduan pelajaran atau menginformasikan pengetahuan kepada siswa, melainkan menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung kepada siswa untuk memahami gejala yang terjadi sehingga dalam pelaksanaannya dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Pembelajaran yang lebih banyak dilakukan di dalam kelas, kurang bervariasi, dan disampaikan secara teoritik. Akibatnya, di dalam proses pembelajaran siswa menjadi pasif dan penguasaan kompetensi menjadi rendah. Buku ini membahas secara detail mengenai strategi pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw dipadu observasi lingkungan karena akan lebih faktual dan nyata. Proses pembelajaran tersebut sejalan dengan pembelajaran berpendekatan kontekstual, yaitu siswa belajar melalui mengalami bukan menghafal, akan tetapi sesuatu yang harus dikonstruksi melalui kegiatan pembelajaran yang dirancang dengan tepat. Penerapan pendekatan kontekstual tersebut diharapkan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas yaitu adanya aktivitas siswa yang optimal dan penguasaan kompetensi yang meningkat.


0 komentar:

Posting Komentar